Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Sabtu, 23 Februari 2013

Daftar Penyakit Yang Bisa Menakuti Manusia


Setiap orang, bisa saja terserang berbagai macam penyakit, baik itu jenis penyakit yang ringan maupun berat. Tapi, ada beberapa jenis penyakit yang dianggap membahayakan tubuh manusia.
Harris Interactive untuk MetLife Foundation melakukan sebuah studi pada tahun 2011, yang mengatakan bahwa ada beberapa penyakit yang dianggap paling menakutkan.
Di bawah ini adalah beberapa daftar penyakit yang masih menjadi momok yang menakutkan bagi manusia, yaitu :
1. Penyakit Kanker
Kanker adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel, yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya dan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah.
Bagi sebagian besar masyarakat, segala jenis penyakit kanker masih menjadi momok yang menakutkan. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker.
Dengan melakukan diet sehat, sepertiga dari kasus kanker dapat dicegah. Selain itu menghindari pemicu-pemicu kanker seperti rokok, asap knalpot dan stres juga bisa memberikan dampak positif.
2. Penyakit Alzheimer (penyakit kehilangan ingatan)
Alzheimer adalah penyakit dimana kecerdasan intelektual dan kemampuan bersosialisasi menurun secara drastis sehingga mempengaruhi aktivitas harian. Pada penyakit Alzheimer, kesehatan jaringan otak mengalami penurunan, menyebabkan menurunnya daya ingat dan kemampuan mental.
Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti karena membuat seseorang lupa akan dirinya sendiri akibat kehilangan memori. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan Alzheimer adalah penyebab keempat kematian di negara dengan pendapatan tinggi karena meningkatkan populasi penuaan di seluruh dunia.
3. Penyakit jantung
Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik.
Penyakit jantung, kini tidak hanya menyerang orang dengan usia tua, tetapi juga orang dengan usia muda karena gaya hidup yang tidak sehat. Jantung adalah salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya untuk bisa mendapatkan umur panjang.
4. Penyakit Stroke
Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah.
Gejala stroke muncul akibat gangguan peredaran darah otak pada bagian otak tertentu. Gejala yang muncul sangat tergantung pada bagian otak yang terkena. Sebanyak 1 diantara 6 orang di seluruh dunia akan terkena stroke dalam hidupnya.
5. Penyakit Kencing Manis
Diabetes / kencing manis adalah penyakit yang terjadi akibat kerusakan pankreas, yakni kelenjar yang memproduksi insulin, yaitu hormon yang mengubah karbohidrat menjadi energi.
Diabetes bukanlah penyakit murah karena orang yang sudah didiagnosa diabetes tidak bisa disembuhkan, ditambah munculnya komplikasi penyakit lain yang siap menanti.
Saat seseorang sudah didiagnosa menderita diabetes, maka orang tersebut tidak bisa sembuh, namun diabetes masih bisa dikontrol dan dikelola. Tapi bila diabetes tidak dikelola dengan baik, maka bisa menyebabkan komplikasi berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, buta atau bahkan diamputasi.
6. Penyakit Hilangnya Kekebalan Tubuh (HIV-AIDS)
Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV.
Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor.
HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah penyakit yang belum bisa disembuhkan dan belum ada obatnya. Setelah dinyatakan positif terkena HIV, biasanya ada masa 5-10 tahun virus ini benar-benar bisa ‘melumpuhkan’ penderitanya.
AIDS timbul sebagai dampak berkembangbiaknya virus HIV di dalam tubuh manusia. Meski kini dengan terapi ARV (Antiretroviral) penderita HIV-AIDS bisa berumur panjang bersama penyakitnya.

0 komentar:

Posting Komentar